Artikel Ibu dan Bayi

Panduan Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir / New Born Baby

Bagi ibu hamil, menyiapkan perlengkapan bayi tentunya sangat mengasyikkan. Apalagi, bila kita sudah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir. Barang-barang perlengkapan bayi biasanya lucu-lucu, sehingga membuat kita ‘lapar mata’ dan ingin memborong semuanya ketika berbelanja.

Di toko perlengkapan bayi terdapat 1001 macam barang-barang sehingga kita sering berpikir apakah memang begitu banyak perlengkapan bayi. Sebenarnya kebutuhan yang esensial tidak sebanyak yang tersedia di pasaran.

Supaya tidak ada barang yang terlupakan, mari buatlah daftar barang yang harus dibeli. Inilah daftar perlengkapan bayi yang baru lahir :

1. Baju bayi
Tips : Siapkan baju lengan pendek dan lengan panjang, sehingga dapat digunakan sesuai kondisi. Untuk bayi baru lahir disarankan menggunakan jumper. Perhatikan bahan dan model baju.
Pilihlah bahan yang tidak panas dan nyaman. Sebisa mungkin hindari gambar-gambar yang jahitannya menembus hingga ke dalam, karena menyebabkan kekurangnyamanan. Nyaman adalah syarat nomor satu, sedangkan model nomor dua.
2. Celana bayi
Tips : Pada umumnya celana pendek lebih dibutuhkan, tetapi siapkan juga celana panjang. Jangan pilih yang karetnya terlalu kencang.
3. Kaos kaki bayi
4. Sarung tangan bayi
5. Topi bayi
6. Tatak iler
Tips : Sebisa mungkin, pilihlah yang menggunakan velkro supaya tidak repot mengikat tali di belakang leher bayi.
7. Popok / diaper
8. Baby wipes (tisyu basah khusus bayi)
9. Botol susu
Tips : Untuk botol berbahan plastik, pilihlah yang BPA Free.
10. Sikat botol
11. Sabun bayi
12. Shampoo bayi
Tips : Bisa juga digantikan dengan sabun yang bisa sekaligus berfungsi sebagai shampoo. Sebaiknya pilih yang tidak pedih di mata.
13. Body lotion bayi
14. Krim diaper
15. Tempat memandikan bayi
16. Selimut bayi
17. Handuk bayi
18. Kain untuk membedong
19. Gunting kuku bayi
20. Minyak telon atau baby oil
21. Plester dan kain kasa untuk pusar
22. Kain lap (washlap)
23. Perlak atau alas kedap air
24. Ranjang bayi bila diperlukan, serta perlengkapannya yaitu kasur bayi dan sprei
25. Alat sterilisasi botol susu (bisa juga cara manual menggunakan panci)
26. Alat penghangat botol susu (bisa juga cara manual menggunakan mangkok berisi air panas)
27. Bantal bayi

Print daftar di atas dan coretlah yang sudah disiapkan, supaya mudah melihat perlengkapan bayi mana lagi yang harus disiapkan. Tambahkan juga jumlahnya di samping setiap nomor di atas, sehingga ketika berbelanja Anda sudah tidak perlu berpikir panjang lagi.

Selain perlengkapan bayi di atas, barang-barang lainnya tidak tentu diperlukan dan dapat dibeli bila dibutuhkan di kemudian hari.

Related posts

Leave a Comment